Pari Pasir Urolpohus westraliensis

Posted by

PARI PASIR Urolophus westraliensis

Pari pasir termasuk dalam ordo Selachii karena memiliki celah insang yang berjumlah 5-7 pasang. Sisik placoid yang kecil menutupi badan serta berbentuk terpedo atau memiliki bentuk yang memipih. Setelah itu, pari pasir di golongkan dalam familia Urolophidae karena memiliki tubuh yang berbentuk pipih dengan sirip yang melebar menutupi tubuh sehingga tubuh hampir membulat. 

Secara morfologi, pari pasir memiliki ciri-ciri yaitu memiliki tipe mulut inferior dan berada pada bagian bawah tubuh. Badannya berbentuk pipih. Terdapat spirakel atau penyaring udara di belakang mata sebagai penyaring oksigen ketika bernapas. Sirip dada (pinna pectoralis) melebar dan memanjang dari kepala hingga ekor dan bergabung dengan sirip dada disebelahnya. Ciri yang paling khas dari pari pasir ini adalah bentuk tubuhnya yang gepeng (pressus) dan memiliki sirip mulai dari kepala hingga ekor yang menyatu.

Habitat dari pari pasir yaitu di laut dengan kedalaman 60-200 meter.  Hidup pada dasar lautan sehingga memiliki dua warna tubuh yaitu gelap pada bagian atas dan terang pada bagian bawah. Hal ini dilakukan sebagai adaptasi terhadap lingkunganya yang dapat membantu ketika mencari makanan dan menghindari mangsa.

Klasifikasi Pari Pasir
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Classis : Chondrihthyes
Ordo : Selachii
Familia : Urolophidae
Genus : Uropholus
Species : Uropholus westraliensis
Taksonomi Vertebrata,
Sumber :Ambeng, 2014


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10.28

0 komentar:

Posting Komentar