Classis Chondrichthyes (Elasmobranchii)

Posted by

Chondriththyes berasal dari kata chondros yang berarti tulang rawan dan ichthys yang berarti ikan, merupakan vertebrata terendah yang masih ada (belum punah) yang mempunyai vertebrata yang lengkap terpisah-pisah, rahang yang dapat digerakkan dan anggota badan yang berpasangan. Hampir semua predaceous dan hidup di laut. Ciri-ciri dari classis ini adalah sebagai berikut :
  1. Kulitnya kuat. ditutupi oleh sisik sisik placoid yang kecil, mempunyai banyak kelenjar, terdapat sirip median dan sirip berpasangan, semuanya disokong oleh jari-jari sirip, pada jantan sirip pelvisnya mempunyai clasper.
  2. Mulut ventral, mempunyai gigi-gigi yang banyak emailnya, lubang hidung 2 atau 1. tidak berhubungan dengan mulut; terdapat rahang atas dan rahang bawah; intestinum dengan kled-kled spiral (spiral valve).
  3. Rangka dari tulang rawan, tidak mempunyai tulang sejati; cranium dihubungkan oleh pasangan capsul perasa; notochord kokoh; vertebrae banyak, lengkap dan terpisah-pisah.
  4. Jantung 2 ruang ( 1 antrium dan 1 ventrikel ) dengan sinus venosus dan conus erythocyte berbentuk oval dan berinti.
  5. Respirasi oleh 5-7 pasang insang, masing-masing di dalam sebuah celah yang terpisah.
  6. Terdapat 10 pasang nervi cranalis
  7. Temperatuh tubuh variabel (Poikilotermis) tergantung dari pada lingkunganny
  8. Kelamin terpisah; gonad tipis, berpasangan; pembuluh reproduksi menuju kloaka; fertilisasi internal, ovivar atau ovovivpar, telur-telurnya besar, mempunyai banyak kuning telur, segmentasi meroblastic; tidak mempunyai selaput embryo, pembiakan langsung, tidak ada metamorfose.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 20.17

0 komentar:

Posting Komentar